Pendukung Sistem Informasi

Transaction Processing System (TPS)

Transaction Processing System (TPS) adalah sistem informasi yang terkomputerisasi dan dikembangkan untuk memproses data-data dalam jumlah besar untuk transaksi bisnis secara rutin.

Transaction Processing System biasanya digunakan oleh pelanggan langsung, contoh pada Bank, TPS digunakan pada pad mesin ATM yang langsung berhubungan dengan para  nasabah tanpa melalui pihak bank, sehingga bisa diakses secara langsung.

Management Information System (MIS)

Management Information System menghasilkan informasi yang digunakan untuk membuat keputusan. Dan juga dapat membantu menyatukan beberapa fungsi informasi bisnis yang sudah terkomputerisasi.

Sistem Informasi Manajemen Rumah Sakit adalah senuah sistem komputerisasi yang memproses dan mengintegrasikan seluruh proses bisnis layanan kesehatan dalam bentuk jaringan koordinasi, pelaporan dan prosedur administrasi.

Decision Support System (DSS)

Decision Support System merupakan interaktif sistem informasi berbasis komputer model keputusan dan database khusus untuk membatu proses pengambilan keputusan bagi manajerial end user. Sistem ini membantu para manajer dalam mengambil keputusan dengan cara mengamati lingkungan dalam perusahaan.

Contohnya program kertas kerja elektronik memudakan manajerial end user menerima respon secara interaktif untuk peramalan penjualan atau keuntungan.

Executive Information System (EIS)

Executive Information System (EIS) adalah sistem computer-based yang membantu executive dalam mengakses data dan informasi untuk mengetahui suatu permasalahan, meneliti solusi yang akan diberikan, dan menunjukkan proses strategic planning.

Expert System (ES)

Sistem ini pada dasarnya menggunakan kecerdasan buatan untuk menganalisa pemecahan masalah dengan menggunakan pengetahuan tenaga ahli yang telah diprogram ke dalamnya.

Bentuk implementasi sistem pakar di bidang ini antara lain pada radar. Fungsi radar secara umum ialah mendeteksi keberadaan benda di lingkungan dimana radar berada. Jarak jangkauan radar bermacam-macam. Semakin berkembangnya teknologi kemampuan radar semakin canggih. Radar saat ini dapat mendeteksi keberadaan awak yang tidak dikenal, dan menampilkan informasi yang mendukung tentang benda yang ditangkap pada radar.

Office Automation System (OAS)

Sistem aplikasi ini berguna untuk melancarkan komunikasi antar departemen dalam suatu perusahaan dengan cara mengintegrasikan server-server komputer pada setiap user di perusahaan. Contohnya adalah komunikasi melalui email.

Group Decision Support System (GDSS)

GDSS mencari solusi lewat pengumpulan pengetahuan dalam satu kelompok, bukan per individu. Biasanya berbentuk kuesioner, konsultasi, dan skenario. Contohnya adalah e-government.

Referensi:

http://adaadaajapun.blogspot.co.id/

http://budiinformatics.blogspot.co.id/2010/03/fungsi-dan-pengguna-tps-transaction.html

http://www.kembar.pro/2016/01/pengertian-fungsi-dan-contoh-sistem-informasi-manajemen.html

https://sttdb.wordpress.com/2009/12/04/pengertian-tps-transaction-processing-systems/

https://naynaimah.wordpress.com/2013/12/29/contoh-sistem-pakar-dan-penerapannya/

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s