Bahasa Indonesia 2 Tugas Minggu Ke 2

Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama berencana menghapus three in one dari Jakarta. Hal itu lantaran aturan tersebut dinilai membuka kemungkinan dilakukannya eksploitasi terhadap anak oleh sebagian orang. Anak-anak dibawa ikut menjadi joki 3 in 1 untuk menarik belas kasihan.

Kebijakan 3 in 1 merupakan salah satu program Pemprov DKI Jakarta untuk mengurangi kemacetan di ibukota. Kebijakan ini diterapkan berdasarkan Surat Keputusan (SK) Gubernur Provinsi Daerah Khusus Ibukota Jakarta Nomor 4104/2003 Tanggal 23 Desember 2003.

SK itu berisi tentang penetapan kawasan pengendalian lalu lintas dan kewajiban mengangkut paling sedikit tiga orang penumpang per kendaraan pada ruas-ruas jalan tertentu di Provinsi DKI Jakarta. Pemberlakuan 3 in 1 dimulai Senin sampai Jumat pada pukul 07.00 – 10.00 WIB dan pukul 16.00 – 19.00 WIB. Uji coba penghapusan 3 in 1 akan dilakukan pada tanggal 5-8 April 2016 dan 11-13 April 2016.

Kritik:

Penghapusan 3 in 1 ini dinilai berimbas kemacetan di beberapa  jalur yang biasanya diterapkan aturan mobil berpenumpang minimal tiga orang. Jalan Sudirman dari Semanggi menuju Bundaran HI terpantau padat. Ini dikarenakan pemerintah serta instansi terkait kurang memberikan sosialisasi dan pesan yang lebih baik kepada masyarakat sebelum penghapusan 3 in 1 ini diberlakukan.

Saran:

Supaya tidak terjadi kemacetan akibat penghapusan 3 in 1, Dinas Perhubungan dan Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya harus membatasi atau mengurangi beban volume kendaraan, bagaimana supaya masyarakat berpindah dari kendaraan pribadi ke kendaraan umum. Salah satunya dengan mengoptimalkan layanan transportasi umum, yaitu seperti bus TransJakarta. Jumlah bus TransJakarta mesti ditambah dan pelayanannya pun harus ditingkatkan sehingga masyarakat melihat efek baiknya. Tak hanya menguruangi volume kendaraan saja namun jalur bus TransJakarta perlu ditertibkan juga.

Sumber:

http://metro.news.viva.co.id/news/read/757498-hapus-3-in-1-volume-kendaraan-di-jalur-alternatif-turun

http://metro.news.viva.co.id/news/read/756760-uji-coba-hapus-3-in-1-jalan-sudirman-mulai-padat

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s