Safety Check, Fitur Baru Facebook Untuk Deteksi Bencana

KOMPAS.com – Facebook kembali mengakitfkan fitur “Safety Check”. Kali ini untuk melacak korban gempa bumi berkekuatan 6,7 skala richter di wilayah timur laut India pada Senin (4/1/2016) pagi ini.

Tak hanya di pusat gempa yang tepatnya terletak di Imphal, ibu kota Negara Bagian Manipur, India, Facebook mengimbau pengguna di negara-negara sekitar juga melaporkan status di “Safety Check”.

“Guncangan juga dirasakan di Bangladesh, Myanmar, dan Nepal. Jika Anda berada di dekat situ, notifikasi Safety Check akan muncul dan Anda bisa melaporkan status keselamatan,” kata pendiri sekaligus CEO Facebook Mark Zuckerberg melalui laman pribadinya.

Diketahui, “Safety Check” merupakan fitur yang difungsikan tiap kali bencana besar melanda sebuah daerah. Tujuannya menjembatani komunikasi antara pengguna Facebook di daerah bencana dengan kerabat dan sanak keluarganya di daerah lain.

Mekanismenya, pengguna melapor status keselamatan lewat “Safety Check”. Lalu kerabat bisa mengakses status itu sehingga tak khawatir berlebihan.

“Safety Check” diperkenalkan pertama kalinya pada 2014 silam. Kala itu, Facebook menyatakan terinspirasi dengan peristiwa bencana gempa bumi yang menimpa Jepang di tahun 2011.

Sebelumnya, “Safety Check” diaktifkan antara lain saat gempa di Nepal dan penembakan di Paris. Bagi pengguna yang memiliki kerabat di Manipur, bisa mencari status kerabat di sini.

Sumber: http://tekno.kompas.com/read/2016/01/04/14043197/India.Gempa.Facebook.Aktifkan.Fitur.Pelacak.Korban

Cara kerja fitur ini cukup sederhana. Fitur Safety Check kelak akan mengecek posisi pengguna apakah dekat dengan lokasi bencana atau tidak. Kemudian fitur tersebut akan bertanya apakah pengguna dalam posisi aman.

Kemudian pengguna tinggal menekan tombol I’am Safe agar semua orang termasuk teman mengetahui kondisi pengguna. Facebook kemudian akan memberitahu posisi teman-teman pengguna yang dalam keadaan aman.

Fitur Safety Check bisa pula tampilkan informasi daftar teman yang miliki kemungkinan terkena dampak bencana. Fitur Safety Check bekerja dengan men-push notifikasi ke perangkat pengguna jika terdeteksi berada di lokasi berbahaya.

Sementara perihal lokasi, fitur ini akan menentukan lokasi user berdasar informasi yang diinput di profil atau berdasar data terakhir check-in lokasi mereka di Facebook.

http://www.aktualpost.com/2014/10/ini-cara-kerja-fb-safety-check-fitur-baru-facebook-untuk-mendeteksi-bencana/

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s