Sumpit Pintar Ini Mampu Deteksi Makanan Tak Sehat

Jika Anda penggemar mie ayam tentu tidak asing dengan benda satu ini. Sumpit, sejengkal benda yang berfungsi jika berpasangan ini membuat makan mie ayam jadi terasa lebih nikmat. Entah kenapa, tapi benar-benar berasa bedanya antara menggunakan sumpit dan sendok.

Di negara tertentu seperti China dan Jepang, sumpit bahkan menjadi alat makan sehari-hari. Tidak hanya untuk mengkonsumsi mie, tapi juga saat makan nasi. Begitu pentingnya sumpit di China menjadikan negeri tirai bambu tersebut membuat inovasi baru dengan sumpit.

Mereka memasukkan unsur teknologi canggih ke dalam sumpit, dan membuat sumpit pintar. Baidu, perusahaan raksasa internet China yang membuat sumpit pintar ini. Sekarang sumpit bukan hanya sebagai alat makan, tapi lebih dari itu. Sumpit pintar ini mampu deteksi makanan tak sehat.

Sumpit Pintar, Deteksi Kandungan Makanan Apa Saja

Sumpit pintar ini mempunyai kelebihan bisa mendeteksi segala kandungan apapun dalam makanan. Robin Li, pemilik perusahaan internet Baidu menjelaskan bahwa sumpit yang mereka ciptakan dibekali baterai dan sejumlah sensor canggih.

Cara menggunakan sumpit pintar ini sama dengan sumpit pada umumnya. Hanya saja pada saat Anda mencelupkannya ke dalam mangkuk yang berisi makanan maka sensor akan deteksi kandungan makanan tersebut. Misalnya jenis minyak yang digunakan dan layak atau tidaknya makanan tersebut dikonsumsi manusia.

Jika sumpit tersebut mendeteksi makanan tak sehat maka akan menyala lampu berwarna merah pada bagian atas sumpit. Sebaliknya, saat mendeteksi makanan aman maka lampu warna biru yang akan menyala. Lampu tersebut sebagai notifikasi yang memberitahukan penggunanya untuk mengambil keputusan.

Tidak hanya itu kelebihan sumpit pintar buatan Baidu. Sumpit itu juga bisa mendeteksi rasa pada makanan, tingkat keasaman dan keasinan makanan. Dikutip dari CNN, sumpit pintar itu juga memiliki aplikasi yang bisa diunduh dari ponsel android Anda.

Proyek selanjutnya, Baidu akan menambah fungsi lain dari sumpit pintar buatannya. Fungsi-fungsi tersebut akan disesuaikan dengan masukan para penggunanya. Dengan sumpit pintar tersebut diharapkan masyarakat China lebih peduli terhadap makanan yang dikonsumsinya. Sebab terciptanya sumpit ini juga dilatarbelakangi oleh banyaknya warga China yang mengkonsumsi makanan tak sehat.

Namun sayang belum diketahui kapan sumpit pintar yang sangat bermanfaat ini akan dijual bebas. Sebab fenomena makanan tak sehat tidak hanya di China saja. Indonesia juga membutuhkan sumpit dengan teknologi canggih seperti itu. Bagaimana, apakah Anda tertarik dengan sumpit pintar ini jika dijual bebas?

Sumber: http://log.viva.co.id/news/read/712781-sumpit-pintar-ini-mampu-deteksi-makanan-tak-sehat

Analisa:

Menurut saya inovasi terbaru ini sangatlah bermanfaat tak hanya untuk masyarakat Indonesia melainkan juga seluruh dunia. Apalagi bagi para kuliner yang ingin mencoba makanan baru di berbagai penjuru dunia.

Dengan adanya sumpit pintar ini kita bisa lebih berhati hati memilih makanan yang kita konsumsi. Kita dapat mengetahui kandungan apa saja yang ada dalam makanan tersebut. Dan dapat mendeteksi apakah makanan tersebut baik atau tidak untuk dikonsumsi.

Itulah salah satu kelebihan sumpit pintar ini, namun pastilah ada kekurangannya. Yaitu pasti harga yang ditawarkan tidaklah murah dan akan sulit ditemukan.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s