RFID (Radio Frequency Identification)

Apa itu RFID?

RFID adalah sebuah metode identifikasi dengan menggunakan sarana yang disebut label RFID atau transponder untuk menyimpan dan mengambil data dari jarak jauh. Label atau kartu RFID adalah sebuah benda yang bisa dipasang atau dimasukkan di dalam sebuah produk, hewan atau bahkan manusia dengan tujuan untuk identifikasi dengan menggunakan gelombang radio. Label RFID terdiri atas mikrochip silikon dan antena. Label yang pasif tidak membutuhkan sumber tenaga, sedangkan label yang aktif membutuhkan sumber tenaga untuk dapat berfungsi.

Tag RFID sendiri pada dasarnya sebuah microchip berantena, yang disertakan pada suatu unit barang. Dengan piranti ini, perusahaan bisa mengidentifikasi dan melacak keberadaan suatu produk. Seperti halnya barcode yang memiliki universal product code, sebuah tag RFID memiliki electronic product code (EPC) berisi identitas produk itu, mulai dari nomor seri, tanggal produksi, lokasi manufaktur bahkan sampai tanggal kadaluarsa.

Bagi suatu perusahaan pemasok atau manufaktur, penerapan RFID ini bisa membantu dalam pembuatan forecasting , produksi dan pendistribusian berbagai produknya secara lebih efisien. Ketika jalur komunikasi rantai pasok antara distributor dan peritel dengan pemanufaktur sudah terjalin mulus, aplikasi RFID tidak sekedar memungkinkan pemanufaktur melakukan just-in-time manufacturing , tetapi juga real-time manufacturing .

Di sisi lain, RFID juga membantu pengelolaan inventori suatu perusahaan manufaktur, dengan mempermudah pemantauan keberadaan dan ketersediaan bahan baku serta aset produksi lainnya. Ketika dipadukan dengan aplikasi GIS (geographical information system) dan GPS (global positioning system), RFID juga membantu perusahaan logistik dalam memantau keberadaan barang yang dikirimnya, mulai dari pabrik sampai ke lokasi gudang distributor dan peritel.

Industri ritel juga bakal merasakan manfaat yang besar dari RFID. Masalah stock opname dan penyusutan barang akibat pencurian dan lain-lain diharapkan akan teratasi atau paling tidak terkurangi dengan penerapan RFID. Setiap barang yang keluar masuk tak luput dari pantauan sistem RFID ini, sehingga ketersediaan dan pergerakan barang pun selalu terbarui (up-date) di sistem inventori perusahaan ritel. Penerapan RFID juga bisa berdampak positif bagi konsumen, dimana konsumen tidak lagi menjumpai rak-rak toko yang kosong dan mendapatkan barang kadaluarsa dalam belanjaannya.

RFID juga dipergunakan untuk mempermudah dan mempercepat transaksi pada sebuah Retail Store, antara lain untuk :

  1. Smart Shelf : Smart Shelf yang berbasis RFID dapat mendeteksi keberadaan setiap item pada sebuah rak. Ketika sebuah item diambil dari rak, maka sistem dapat mendeteksi item yang diambil oleh pelanggan, memberikan tanda dan mencatat item yang diambil, sehingga dapat dilakukan real-time shelf inventory. Selain itu, perilaku pelanggan dapat dicatat dalam database dan dipergunakan untuk strategi marketing.
  2. Pada saat pelanggan selesai berbelanja dan akan membayar di kasir (check out), maka RFID Reader secara otomatis mendeteksi seluruh item (merchandise) yang akan dibeli oleh pelanggan, hal ini biasanya dilakukan dengan melakukan scanning satu per satu item oleh kasir. RFID Reader membaca RFID Chips yang melekat pada setiap item melalui frekuensi radio, kemudian secara virtual melakukan scanning terhadap seluruh item. Kemudian RFID Reader akan mengkomunikasikan dengan Server untuk men-generate penjualan pada register secara otomatis.
  3. Sales Return dapat dengan mudah dilakukan, karena sistem secara otomatis memeriksa barang yang dikembalikan , pelanggan dapat membawa atau mengembalikan RFID-tag pada item tanpa struk (store receipt), tag ini kemudian akan me-refer ke database untuk mengetahui waktu pembelian, harga beli saat itu (original price), bahkan informasi kartu kredit, dan lain-lain. Informasi detail tentang Sales Return ini juga akan membantu Store untuk mengupdate status stok dari item yang dikembalikan.

Referensi:

https://febrianoredho.wordpress.com/2012/12/13/rfid-radio-frequency-identification/

http://www.ebizzasia.com/0220-2004/focus,0220,04.htm

http://www.pekalongankab.go.id/fasilitas-web/artikel/teknologi/1615-rfid-radio-frekuency-identification-sebagai-teknologi-sistem-pengidentifikasian-objek-otomatis.html

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s