Perbandingan Antar Smart Assistant

Asisten pintar atau smart assistant atau voice assistant merupakan sebuah layanan yang dihadirkan untuk memenuhi kebutuhan pengguna dalam menjawab berbagai hal. Layanan yang juga disebut sebagai virtual asisten ini ini dianggap mampu menggantikan asisten pribadi seorang pengguna untuk beberapa tugas. Contohnya seperti mencari tahu informasi tertentu atau mencari jawaban tertentu.

Setidaknya, saat ini ada empat layanan smart assistant yang dihadirkan oleh perusahaan besar. Keempat layanan tersebut saling bersaing dan menunjukkan kelebihannya masing-masing. Keempat layanan tersebut adalah Apple Siri, Google Now, Microsoft Cortana, dan BlackBerry Assistant. Apakah ada perbedaan kemampuan diantara keempat layanan ini? Berikut perbandingannya.

Smart Assistant

Apple Siri, Google Now, Microsoft Cortana, dan BlackBerry Assistant merupakan layanan pintar yang hadir sebagai jawaban kemudahan mendapatkan informasi lebih cepat. Keempat aplikasi ini mampu menjawab beberapa pertanyaan pengguna lewat perintah suara saja. Selain itu, ada juga kemampuan lainnya seperti mencari informasi dari situs atau layanan umum tertentu.

Apple Siri

Asisten pintar dari Apple ini pertama kali diperkenalkan pada Oktober 2011. Aplikasi ini mampu membantu penggunanya dalam menjawab pertanyaan, memberikan rekomendasi, dan mencari layanan web yang diinginkan. Aplikasi ini juga mengirim pesan dengan lebih mudah, membuat jadwal agenda, menjalankan aplikasi, memainkan musik, bahkan memprediksi cuaca.

Dengan perintah suara, aplikasi ini akan menyesuaikan hasilnya sesuai keinginan pengguna secara personal. Contohnya kemampuan untuk mencari restoran terdekat yang disukai oleh pengguna. Kelebihan dari aplikasi ini adalah dukungan bahasa selain bahasa Inggris. Saat artikel ini dibuat, Siri sudah mendukung Bahasa Jerman, Jepang dan Perancis dalam melakukan tugasnya seperti menjawab pertanyaan maupun memberikan rekomendasi. Bukan tidak mungkin, kedepan Siri akan hadir dengan berbagai bahasa lainnya yang ada di dunia.

Hal yang perlu diperbaiki dari Siri mungkin hanyalah kemampuan dalam membaca perintah yang lebih detail.

Google Now

Voice Assistant dari Google ini hadir setahun setelah kemunculan Siri. Aplikasi ini mampu memberikan informasi lebih cepat bahkan sebelum pengguna menginginkannya Lewat Google Now, pengguna bisa memerintahkan pencarian lewat Google cukup dengan suara, mencari tahu informasi lalu lintas, informasi cuaca, dan mengetahui restoran terdekat.

Google Now juga menyediakan fitur Google Now Cards yang berfungsi sebagai pengingat aktivitas penggunanya dengan Google Now. Misalnya jika pengguna sering mencari topik tertentu di Internet lewat Google Now, maka fitur ini akan menyimpannya dengan mudah. Selain itu, aplikasi ini juga bisa membantu penggunanya mengingat tentang jadwal, agenda, bahkan ulang tahun teman. Aplikasi ini juga mampu melakukan penghitungan, mengetahui suatu konversi bilangan, informasi jadwal film, informasi penerbangan, dan masih banyak lagi.

Bisa dibilang, Google Now adalah aplikasi asisten pintar terdepan karena memiliki kemampuan yang baik.

Microsoft Cortana

Cortana yang diperkenalkan Microsoft pada tahun 2014 ini hadir dengan kemampuan yang sebenarnya masih sama dengan Apple Siri dan Google Now. Perbedaannya, barangkali hanya dari kemampuannya yang lebih privasi. Microsoft Cortana mempelajari kebiasaan penggunanya dalam berbagai hal secara lebih pribadi.

Jika pengguna mencari sesuatu misalnya, maka Cortana akan bekerja dengan cara menampilkan hal-hal yang disukai oleh pengguna dan mengabaikan hal-hal lainnya yang tidak disukai oleh penggunanya. Selain itu, komunikasi Cortana juga tidak kaku. Hal yang menyenangkan adalah bahwa Cortana mampu melakukan tindakan sesuai perintah dengan lebih mendetail.

Aplikasi ini juga mampu menjawab ucapan pengguna dengan lebih natural.

BlackBerry Assistant

BlackBerry tidak mau kalah dengan Apple, Microsoft, dan Google. Perusahaan yang dulunya bernama RIM ini juga menghadirkan asisten pintar dengan nama BlackBerry Assitant. Aplikasi yang meluncur pada tahun 2014 sebenarnya memiliki kemampuan yang sama dengan ketiga aplikasi lainnya. Hanya saja, karena masih baru, aplikasi ini belum begitu populer.

Padahal secara kemampuan, aplikasi ini tidak kalah dengan tiga aplikasi tersebut. Yang jadi kekuatan dari aplikasi asisten pintar dari BlackBerry ini adalah kemudahan untuk mengontrol perintah tulis dan mengatur aplikasi.

Referensi:

http://telsetnews.com/86945/google-now-vs-siri-vs-cortana-siapa-yang-terbaik/

https://jalantikus.com/news/ternyata-google-now-lebih-pintar-dibandingkan-siri-dan-cortana/

http://www.plimbi.com/news/159156/perbandingan-smart-assistant

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s