8 Fitur Android Marshmallow yang Dipinjam Dari iOS

Google akhirnya merilis generasi penerus dari sistem operasi Android. Sistem operasi Android tersebut diberi nama Android Marshmallow atau yang lebih dikenal dengan Android 6.0. Android Marshmallow membawa sejumlah fitur-fitur terbaru yang belum ada di sistem operasi Android sebelumnya yaitu Lollipop.

Seperti yang dikutip dari ibtimes, Selasa(18/8/2015), Android 6.0 ini akan hadir di beberapa gawai Samsung Galaxy yang terbaru seperti Galaxy Note 5, Galaxy S6 Edge Plus, Galaxy S6, Galaxy S6 Edge, Note 4, Note 4 Edge, bahkan sabak (tablet) Samsung Galaxy Tab A, dan gawai lainnya.

Berikut beberapa fitur yang ada di Android Marshamallow:

  1. Tampilan familiar. Selama bertahun-tahun, pengguna fanatik Android telah menuduh Apple telah mencuri fitur terbaik dari sistem operasi mobile Google. Dengan peluncuran iOS 9 dan Android 6.0 Marshmallow, ternyata semua fitur Android “terbaru” terlihat sangat akrab bagi pengguna iOS.
  2. Android Pay ≠ Apple Pay. Selamat tinggal Google Wallet, dan ucapkan halo untuk Android Pay. Sistem pembayaran mobile Google terbaru memiliki lebih banyak kesamaan dengan Apple Pay lebih dari sekedar nama. Android Pay memungkinkan Anda meng-upload informasi kartu kredit Anda dan menggunakan teknologi NFC untuk melakukan transaksi di terminal pay. Cukup memilih kartu yang ingin Anda gunakan dan otentikasi transaksi mobile melalui sidik jari yang diawali oleh Touch ID dari iOS.
  3. Otentifikasi sidik jari asli. Sejak 2013, Touch ID telah memberi cara yang aman untuk membuka iPhone dan mengotentikasi pembelian. Dengan Marshmallow yang disematkan di smartphone serta hardware yang tepat, pengguna Android akhirnya akan mendapatkan pengalaman kekuatan sidik jari mereka. Sementara beberapa pembuat ponsel Android seperti Motorola dan Samsung telah memasukkan sensor sidik jari di beberapa perangkat mereka, fitur tersebut telah “tidak pernah terpusat di sekitar API standar” sampai sekarang. Android 6.0 membawa otentifikasi sidik jari sebagai bagian penting dari Android Pay.
  4. Editing teks yang dipilih lebih intuitif. Dalam versi sebelumnya dari Android, ketika Anda akan memilih teks yang dipilih, toolbar dengan pilihan untuk memotong, menyalin, menempel, dan lainnya muncul di bagian atas layar. Pada Android 6.0 Marshmallow, toolbar editing sekarang melayang tepat di atas teks-antarmuka yang lebih intuitif seperti terlihat di perangkat iOS.
  5. Lebih banyak kontrol atas izin aplikasi. Marshmallow memberikan pengguna lebih banyak cara untuk mengelola hak akses aplikasi mereka. Sebelumnya, pengguna Android hanya mampu memberikan atau menolak semua izin sekaligus sebelum menginstal aplikasi. Dengan Android 6.0, pengguna mendapatkan pemberitahuan setiap kali akan mengakses bagian tertentu dari perangkat seperti mereka layanan kamera, mikrofon, atau lokasi. Pengguna Android juga akan dapat melihat dan mengubah tingkat akses mereka setelah diberikan untuk setiap aplikasinya, dengan cara sebagai berikut Pengaturan> Aplikasi> ikon Aksesoris> izin Aplikasi. Memaksa aplikasi untuk meminta izin tertentu dan memungkinkan pengguna untuk mengontrol hak akses ini kapan saja telah dimasukkan dalam iOS beberapa waktu yang lalu
  6. Aktifkan pencarian suara dari layar terkunci. Android Marshmallow akan membiarkan pengguna mengaktifkan pencarian suara Google Now langsung melalui jalan pintas layar terkunci. Cukup menggesek dari sudut kiri bawah untuk memulai dan tinggal mengucapkan kata-kata yang diinginkan, Anda dapat segera mulai meminta apa saja yang diinginkan di Google Now. Sebagai perbandingan, pengguna iOS bisa mengaktifkan Siri dari layar terkunci dengan menekan tombol Home.
  7. Menonaktifkan tugas latar belakang untuk setiap aplikasi. Marshmallow juga memperkenalkan mode “Tertidur”, artinya membiarkan pengguna Android mengaktifkan atau menonaktifkan optimasi baterai untuk setiap aplikasi tertentu. Tertidur pada dasarnya akan membatasi tugas latar belakang tertentu untuk menghemat baterai. Sama seeperti pengguna iPhone sudah bisa mengaktifkan atau menonaktifkan Background App Refresh sejak iOS.
  8. Aktifkan panggilan berulang di bawah jangan diganggu. Jangan diganggu telah menjadi berkah tersendiri bagi pengguna smartphone yang ingin istirahat pada malam hari. Namun, kadang-kadang ada keadaan darurat yang terjadi pada malam hari. Android 6.0 telah menambahkan opsi untuk memungkinkan mengulangi menelepon. Fitur ini sudah ada pada perangkat iPhone agar penggunanya merasa diuntungkan saat istirahat tetapi juga saat keadaan darurat.

Kalau kamu mengikuti perkembangan perangkat Android, pasti sudah tahu bahwa Nexus akan mendapat update OTA (over the air) secara bergilir terlebih dahulu sebelum perangkat lainnya. Namun itu pun ternyata tidak semua perangkat Nexus.

Versi paling bawah yang akan mendapat update adalah Nexus 5, rasanya hampir bisa dipastikan bila tidak akan ada lagi pembaruan OS untuk perangkat ini, terlebih tidak lama lagi akan hadirNexus 5 (2015).

Perangkat Nexus yang lebih baru seperti Nexus 6, tablet Nexus 9, dan Nexus Player dipastikan akan mendapat update Android 6.0.

Lalu bagaimana nasib tablet Nexus 7? Ternyata baik versi orisinal maupun pembaruannya (2013), tidak akan mendapat update lagi. Selain itu, seharusnya Marshmallow juga hadir di perangkat Android One yang selalu menjanjikanupdate OS terbaru.

Lalu bagaimana dengan perangkat dari vendor lain seperti Samsung, Sony, dan HTC?

Untuk Samsung, belum ada konfirmasi resmi dari vendor ini. Meski begitu, sejumlah pemberitaan mengatakan bahwa perangkat baru mereka seperti Galaxy S6, S6 Edge, Galaxy S6 Duos, dan juga produk premium Galaxy Note 4 akan mendapat update.

Pihak lain yang sudah memberikan kepastian update adalah HTC untuk HTC M9 dan M9+.

Oh ya, Sony juga sudah mengumumkan beberapa perangkatnya yang akan mendapat pembaruan yakni Xperia Z3, Xperia Z3 Compact, Xperia Z3 Tablet Compact, Xperia Z2 Tablet, Xperia Z1, Xperia Z1 Compact, Xperia Z Ultra, Xperia E3, Xperia M2, Xperia T2 Ultra, dan Xperia T3

Referensi:

http://log.viva.co.id/frame/read/aHR0cDovL3d3dy5kaWRubzc2LmNvbS8yMDE1LzA4LzgtZml0dXItYW5kcm9pZC1tYXJzaG1hbGxvdy15YW5nLmh0bWw=

http://gawai.beritagar.id/article/news/inilah-beberapa-fitur-baru-yang-terdapat-di-android-marshmallow

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s