Keunggulan Windows 10 Dibanding Windows Terdahulu

Baru baru ini Microsoft telah merilis Windows 10 dan disini kita akan membahas beberapa keunggulan dari Windows 10 dibandingkan Windows sebelumnya.

Blue-Wallpaper-Windows-10-HD-2880x1800-2

Dari sisi Start Menu

Jika dibandingkan dengan Windows 8 yang belum sempurna pada fungsi Start Menu dan membingungkan pengguna tentunya Windows 10 lebih menghadirkan navigasi yang jelas tanpa hint. Kita dapat menikmati berbagai program dengan navigasi yang mudah dalam pencariannya.  Disamping itu sistem preview menjadikan sobat dapat dengan mudah membuka berbagai jenis file tanpa harus membukanya. Teknologi yang lebih canggih juga disertakan dalam bentuk Start menu yang sudah otomatis mengelompokkan jenis aplikasi berbeda.

Cortana

Bisa dikatakan bila Cortana adalah asisten digital canggih gabungan antara Siri-nya Apple dan Google Now-nya Google.

Cortana di Windows 10 mampu menjawab pertanyaan lisan pengguna, memberikan pengingat, mengeset alarm, hingga melakukan update berita yang mungkin pengguna lewatkan.

Windows Hello

Fitur ini memungkinkan pengguna untuk ‘melatih’ PC untuk mengenali pemilik perangkat dan mengizinkannya untuk mengakses komputer. Sekilas, fitur ini mirip cara login ke komputer dengan memakai wajah Anda sebagai password

Penambahan Aplikasi Command

Dari sisi Tampilan Command/ perintah juga disertakan kedalam Windows 10 berbentuk aplikasi yang user friendly sehingga mudah dijalankan. Commands (Perintah). Dengan basis desktop yang kuat menjadikan aplikasi ini sangat responsif digunakan. Kelebihan lain aplikasi ini adalah sobat dapat mengatur ukuran jendela secara langsung sehingga sangat mendukung mobilitas tinggi. Karena format aplikasi desktop maka sobat dapat langsung menjalankanya melalui desktop Windows 10.

Dukungan Snap Enchancement

Kelebihan dari Windows 10 yang satu ini akan memudahkan sobat menjalankan beberapa program dalam satu tampilan layar. Snap enchancement sendiri adalah sistem desktop yang dapat dipercaya untuk kinerja multitasking bagi sobat yang menginginkan desktop yang ringkas serta responsif untuk bekerja. Sobat dapat langsung melihat berbagai program yang dijalankan dalam satu tampilan layar, menarik bukan? Jika spesifikasi komputer atau laptop sobat tinggi maka semakin banyak pula aplikasi yang dapat dijalankan.

Dukungan Virtual Desktop.

Wah ini yang unik dari Windwos 10 karena belum tentu OS dari vendor lain menghadirkan sistem vrtual pada desktopnya.  Sobat dapat membuat beberapa tampilan desktop yang berbeda untuk berbagai kebutuhan. Misal satu desktop untuk bekerja dan yang lain untuk hiburan dapat dilakukan dengan Windows 10. Keunggulan Virtual dekstop Windows 10 adalah tidak saling terkait dengan desktop lain sehingga tema maupun konfigurasi tidak akan berubah. Selain itu perpindahan antar desktiop juga dapat dilakukan dengan cepat dan stabil, sudah tentu akan menjadi nilai plus bagi sobat yang menjalankanya.

Bersifat Multi Platform

Seperti yang dikatakan diatas, Windows 10 memiliki banyak support terhadap berbagai perangkat seperti komputer, laptop smartphone bahkan konsol game. Kehadiran Windows 10 yang support banyak perangkat akan menjadi titik awal trend OS. Kelebihan multi plafrom juga memudahkan sinkronisais antar device yang memiliki OS Windows 10, misalnya sobat memiliki laptop dapat langsung melakukan sinkronisasi dengan smartphone. Desain multi platform untuk berbagai perangkat juga berbeda walau secara basic tampilan sama.

Gratis

Berbeda dengan upgrade Windows 8 yang harus beli, Microsoft dengan suka rela memberikan Windows 10 secara gratis. Namun, perlakukan istimewa ini hanya berlaku untuk pemilik Windows 7 dan 8.1 original.

Yang tidak kalah menarik, Microsoft memberikan waktu hingga 1 tahun bagi pengguna Windows 7 dan 8.1 untuk melakukan update ke Windows 10. Baru setelah itu, Microsoft akan menghentikan program gratis Windows 10 dan benar-benar menjualnya.

Sumber:

http://ulaspc.com/kelebihan-windows-10/

http://www.merdeka.com/teknologi/ini-9-keunggulan-windows-10-dibanding-windows-81/gratis.html

Itulah beberapa keunggulan dari Windows 10 dibandingkan Windows terdahulunya. Saya sendiri sebagai pengguna awal windows 10 merasa cukup puas dan terkesan dengan fitur fitur baru yang disediakan oleh Microsoft ini.

Untuk mengingatkan, jika anda ingin memperbaharui windows anda sebaiknya memperhatikan beberapa syarat supaya PC atau laptop anda dapat menjalanlan Windows 10.

Beberapa diantaranya adalah sebagai berikut:

  1. Untuk bisa menjalankan Windows 10, pastikan PC Anda sebelumnya sudah menggunakan OS Windows 7 atau 8.1. Bagi pengguna yang sudah memiliki Windows 7 atau 8.1 original, mereka bisa mendapatkan Windows 10 dengan gratis.
  2. Performa prosesor juga mempengaruhi bisa tidaknya pemakaian Windows 10. Dalam hal ini, PC Anda sudah harus menggunakan prosesor dengan kecepatan minimal 1 gigahertz (GHz). Namun, demi performa Windows 10 yang lebih baik, disarankan untuk memakai prosesor lebih dari 1 GHz.
  3. Jika prosesor yang dibutuhkan minimal 1 GHz, maka Microsoft mensyaratkan minimal memori RAM berkapasitas 1GB untuk prosesor berarsitektur 32-bit. Sementara untuk prosesor 64-bit (terbaru), minimal RAM yang dibutuhkan 2GB.
  4. Soal kapasitas minimal hard disk yang bisa menjalankan Windows 10 juga dipengaruhi oleh prosesor. Bagi prosesor 32-bit, diperlukan hard-disk minimal 16GB. Sedangkan untuk prosesor 64-bit, kapasitas minimal hard-disk adalah 20GB.
Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s